petualangan menuju mita campus dan chery blossom party chapter 2

hari ini sungguh hari yang sangat luar biasa..karena hari ini aku menjelajahi MITA line untuk menuju ke kampus Keio University yang ada di deket MITA station…luar biasa (bingung-nya…hehehehe :p)

bukan karena nekat..ta[i saya merasa saya memang perlu menjelajah ke Mita Campus, karena besok rabu akan ada entrance ceremony untuk doctoral degree yang akan diselenggarakan di Mita Campus Keio University..sayangnya, furukawa san sepertinya tidak tahu cara menuju ke sana…dan oleh karena itu, saya merasa bahwa tidak akan ada staf JICA yang akan mengantarkan saya ke Mita campus nanti…sehinga sata pustuskan untuk mencari tahu snediri dan mencoba membuat estimasi berapa lama waktu yang saya perlukan untuk mencapai Mita campus…

demikianlah niat saya…namun apa daya…walaupun saya sudah dibekali dengan cara2 menuju mita campus oleh Pak totok (anggota milis orang indonesia yang ada di kampus keio)..tetap saja saya mau nyasaar..

jadi saya berangkat dari JICA menuju mita kampus naik kereta dari bashamichi station, lalu turun di hiyoshi. sesampai di hiyoshi, saya ganti kereta, yaitu naik kereta yang jurusan MITA line. seharusnya saat sampaidi kosugure, saya harus turun dan ganti kereta yang MITA line (bingung kan..masak dari mita line..trus ke mita line lagi…?? sama..saya aja yang ngalami juga binguung)…nah karena saya tidak tahu, jadi saya tidak turun di kosugure…nah pada saat kereta sudah berjalan 2 stasiun dari kosugure, saya baru sadar kalau saya harus turun di kosugure, akhirnya saya turun disitu dan cari kereta yang arahnya menuju ke kosugure. sesampai di kosugure, saya harus mencari staiun bawah tanah yang dilalui mita line, yaitu stasiun bawah tanah Kasuga..setelah itu mencari mita line yang arahmya menuju ke Megure…tp karena arahan dari pak totok adalah yang jurusan nishi kada…..n\bla..blaa….akhirnya saya ambilah mita line yang jurusan nishi….yang mana arahnya bertolak belakang dengan arah menuju mita..bisa sih nyampe ke mita, tapi butuh waktu yang lebih lama..jadi saya putuskan untuk turun dari kereta itu ketika kereta sudah berjalan 3 stasiun dari kosugire…

to be continnued…blm selesai nih ngetik nya dikarekan capek ..insyaAlloh dilanjutkan lain waktu 😀

koleksi foto2 saat entrance ceremony:

friday presentation

pagi ini saya sengaja bangun awal..karena jam 9 harus presentasi..apalagi jarak dari tempat saya tinggal ke kampus yagam memakan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan (15menit jalan kaki dari jica yokohama ke stasiun bashamichi, 30menit kereta dari stasiun bashamichi ke stasiun hiyoshi, lalu 15 menit jaln kaki dari stasiun hiyoshi ke kampus yagami)…mungkin alokasi waktu saya ini terlalu berlebihan…mengingat saya tidak bisa berjalan secepat orang jepang, jadi saya estimasikan masing2 memakan waktu 15 menit untuk perjalanan dari jica yokohama-bashamichi station dan hiyoshi station-yagami campus…dan lagi asumsi kereta memakan waktu 30 menit adalah apabila saya menggunka kereta Local Shibuya..mungkin kalau saya pakai kereta express Shibuya, waktu tempuh bashamichi st.-hiyoshi st. bisa lebih singkat, lebih kurang 20menit…

jadi akhirnya saya meninggalkan jica pukul 7.22 pagi dan sampai di bashamichi 7.34. pada jam 7.35 datang kereta express shibuya. saya sampai di hiyoshi station jam8.02 lalu jalan sampai di lab 8.15…masih ada waktu untuk istirahat…siap2 dan me-ngecek slide presentasi..

ternyata saat saya sampai di sana, hitomi-chan sudah sampai disana, dan dia pun sedang mengecek slide presentasinya…tapi saya kaget juga, ternyata ohshima-san tidur di lab, bawa kemul dari rumah kayanya..waduh ga enak saya ngomong kenceng2…hehehe

ternyata ohshima-san ini orangnya rada cuek..begitu alarm hp-nya bunyi jam 8.30, dia langsung bangung, trus raup/cuci muka di wastafel pantri yang ada di lab..lalu gosok gigi sambil jalan2 muter2 lab…hehehe..pede bangeet yaa…sudah gitu dia ga mandi dan ga sisiran lagii..langsung ngacir ke ruang presentasi….hwehehehehe….bener2 aneeh deeh….

akhirnya presetasipun di mulai. presentasi diawali dengan 3 orang presenter dari master degree 2nd year yang mempresentasikan jurnal2 ilmiah.lalu disusul oleh presentasi perkenalan oleh 4 mahasiswa baru (hitomi-chan, saya, andrea-siswa pertukaran dari jerman-,nameki-san), lalu ditutup dengan presentasi berupa program openGL oleh beberapa mahasiswa undergraduate (kalau yang ini lumayan banyak…..sepuluh orang mungkin ya…)…melihat program2 yang ibuat oleh anak2 undergraduate, saya jadi pengen ujug2 bisa pemrogram openGL…hehehe…gak mungkin kali yee….karena mereka juga bisa begitu kan memakan waktu untuk belajaar…jadi, membuat saya semakin semangat untuk belajar openGL niih..hehehe…

sebenernya programnya masih pada sederhana…tp sangat menarik dan pasti sangat menyenangkan sekali kalau saya bisa membuat program animasi sederhana dengan openGL…jadi, yoosh…GAMBARIMASU!!!

presentasi berakhir pada jam 11.10 menit..semua anak kembali ke lab..melanjutkan aktifitasnya masing…termasuk ada yang tidur di lab..seperti si Kai…mungkin dia begadang tadi malam…heraan, juga saya..anak2 lab ini banyak juga yang suka tidur di lab..di siang bolong lagi…mungkin mereka berpegang pada pepatah `WORK HARD, SLEEP HARD`..heehhehe….  🙂

begitulah aktifitas saya seharian tadi….sungguh menyenangkan…hari ini hari jum`at sore..besok sabtu dan minggu libur..waktunya menyusun acara untuk menghabiskan acara akhir pekaan…

learn from the scratch…

sebenernya ini adalah postingan untuk tanggal 8 April kmr…

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

hari kamis adalah hari kedua saya officialy datang ke keio sebagai mahasiswa. hari ini saya membagi waktu menjadi 2 bagian, waktu pagi (dari jam 10 pag sampai jam 2 siang) untuk membaca2 artikel tentang kansei engineering…lalu waktu siang (dari jam 2 siang sampai jam6 sore) aku gunakan untuk belajar programming (c++).

ternyata walaupun 2bulan lalu saya sudah menyempatkan diri untuk membaca2 buku pemrogram dengan c++ karangan Deitel, hari ini saat saya praktek didepan komputer di lab…masih juga bingung…:D.  apalagi saya belum bisa cara mengistal GLUT ke dalam microsof visua studio saya. tapi alhamdulillah, suhu saya, suhu tutik, langsung mengkopikan file GLUT ke komputer saya. Pada dasarnya, ada 3 bagian file GLUT, yaitu terdiri dari `include`, `library`, dan `dll`. masing2 file harus diinstal ke directory yang berbeda pada PC.dari yang saya perhatikan apa yang dilakukan oleh suhu saya itu, kira seperti dibawah ini lho instalasi GLUTnya:

  • GLUT `include` diinstal ke program files\microsoft visual studio\VC\include
  • GLUT `library` diinstal ke program files\microsoft visul studio\VB
  • GLUT `dll` diinstal ke system32

(untuk bisa mengunduh file glut untuk microsoft visual studio bisa klik disini)

setelah itu barulah saya dapat belajar openGl…ketika saya baru belaja, salah seorang temen lab saya (siapa ya namanya..waduuh..saya lupa…) memberi tahu saya, kalau besok jum`at akan ada presentasi, dan saya juga diminta untuk present riset saya…waduuuh, lawong saya aja baru 2hari officialy sbg mahasiswa di keio sudah present tentang research…ya sudah akhirnya saya buat slide tentang perkenalan diri saya berikut dengan research frame work untuk study saya.

ternyata saya baru tahu dari suhu tutik, kalau di lab nya Prof. Aoyama itu setiap Jum`at ada presentasi dari jam 9pagi sampai lebih kurang jam 11. topik yang dipresentasikan biasanya scientific journal. setiap jum`at diputuskan/diundi 4 orang yang mana masing2 orang akan diminta untuk mempresentasikan sebuah jurnal ilmiah didepan teman2 lab dan prof. Aoyama. dengan demikian, sang presenter bisa tambah pinter, temen2 labnya pun juga tambah pinter..heheheh (kalau memperhatikan presentasinya…). kata mba tutik, selain mempresentasikan jurnal ilmiah, kadang2 ada juga yang mempresentasikan program yang dibuatnya…kereen kan..menurut saya ini program yang bagus sekali…`one for all, all for one` karena bisa saling belajar dari temen se-lab..

alhamdulillah..selamat buat thole

akhirnya lee..kmu bisa melewati satu tahap dalam hidupmu…tahap kecil..tahap pendadaran…

  • semakin tinggi pohon, semakin kencang angin bertiup
  • semakin dewasa usia, semakin besar tanggung jawabnya
  • semakin tinggi gajinya, semakin berat juga tanggung jawabnya

yaa begitulah..sepenggal bait dari beberapa kata2 bijaksana…

selamat buat thole yang sudah berhasil lulus dalam pendadaran…lulus pendadaran bukan berarti selesai pekerjaan sebagai mahasiswa..tetapi, baru membuka lembaran babak baru sebagai seorang SARJANA.

apa itu SARJANA? orang yang menyandang gelar sarjana secara otomatis akan dinilai memiliki kemampuan dan potensi yang bisa “dijual” kepada pihak lain berupa kepandaian dalam bidang yang dipelajari dan juga kemapuan untuk menganalisis/logika..dan untuk itu, sudah pasti tanggung jawab dan kerjanya lebih besar dari pada `mahasiswa`…..mungkin secara implisit istilah lainnya `tenaga kerja produktif`…hehehe…

April 2010
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930