liputan waktu nginep di rumah Bu Bram, mas Diego kecil ama mba Dora kecil

beberapa waktu yang lalu, temen saya, sekaligus senior saya dan dosen saya…Pak Bram berangkat ke Kyoto untuk menghadiri seminar.

dan oleh karena itu saya diberi kesempatan untuk tinggal dirumah beliau..untuk mencicipi masakan istrinya yang uenaaaaaak tenan secara gratis, plus belajar baby sitting anak2 kecil yang supeer lucu dan supeer pinter..siapa dulu yang ngajarin?? (ya jelas bapak ibunya doonk!!!)

Setelah 2 bulan saya tinggal di Jepang, saya merasa tidak bisa lagi makan masakan jepang yang boleh saya makan..seperti ikan, telur, sayur dan seafood….mungkin apa karena rasanya yang mungkin bisa dibilang `hambar` dibandingkan masakan Indonesia yaa….jadi saya sudah sama sekali tidak berselera makan di kantin JICA…

jadi, ketika ada undangan dari Bu Bram untuk nginep di rumah beliau..waaah, saya senang bangeeet….kesempatan untuk memanjakan lidah saya kembalii….maklum masakan nya Bu Bram kan enaaaak bangeeet!!πŸ™‚

selain itu, bercanda dengan 2 putra putri Bapak dan Bu Bram, yang namanya Salman (3tahun) dan Salwa (5tahun) membuat saya serasa hidup lagi dari rutinitas kehidupan lab yang bener2 membisu, menatap dan bertemankan layar monitor desktop….

jujur saja, dulu saya tidak begitu suka dengan anak kecil..karena gampang rewel/cengeng, manja, susah diatur, takut sama orang asing, harus ditemeni orang tua klu mau kemana2…tapi setelah melihat dan berinteraksi dengan kedua putra putri bapak-ibu Bram, saya terkesan dengan kedua anak tersebut…jauh dari bayangan saya…

ya memang sih, mereka cerewet…tapi saya suka dengan cara mereka cerewet..maksutnya berusaha berinteraksi dengan saya, banyak sekali pertanyaan lugu terlontar dari mulut mereka..kadang2 saya suka tertawa mendengarnya…pertanyaan yang lugu tetapi pada saat yang sama, saya harus berpikir keras untuk dapat menjawabnya dan menjelaskannya dengan cara yang mudah dipahami oleh anak2 seusia mereka…terutama si kecil, SALMAN…hmmm….sepertinya ini calon orang besar niih….banyak sekali pertanyaannya….sampai saya dibuatnya bingung…hehe…

kalau Salwa lebih bisa menempatkan diri..kalau saya lagi senggang dan enggak capek, dia juga sering nanya2..manja2 sama saya, kadang duduk dipangkuan saya….hmmm…..jarang sekali ada anak kecil yang berani begitu pada saya (apa saya menakutkan ya..padahal saya ga nggigit lhooo…hehehe)….kesan saya langsung berubah….ternyata jadi tempat bermanja-nya anak kecil enak juga yaaa….saya suka anak keciiil….

mereka berdua ini ternyata penggemar berat kartun Naruto dan Bleach..apalagi si Salman….sudaah deh kalau udah waktunya nonton…sampai mata ga berkedip..sampai makanan di mulut ga tertelan…karena tersepona sama sang tokoh utama….hehehe…namun begitu, ternyata didikan agama juga tertanam pada kedua anak kecil tersebut…celoteh2 lugu tentang solat dan bacaan doa..kadang mewarnai percakapan saya dengan Salman dan Salwa…

disamping itu semua, ternyata mereka berdua ini mandiri lhooo….suda diajarkan oleh kedua orang tuanya untuk BERTANGGUNG JAWAB..minimal merapikan mainannya sendiri, melipat bajunya sendiri, memakai sepatu sendiri..dan lain2 sendiri yang masih bisa dilakukan oleh anak usia 3 tahun dan 5 tahun…saluuuuuutt….!!!

yang pasti melihat karakter dari kedua putra putri bapak dan ibu bram ini, saya jadi merasa salut sama kedua orang tuanya….RUAAR BIASA!!! tipikal orang tua yang bagus dalam mendidik anak!! sepertinya saya tidak pernah mendengar bu bram menggunakan kata2 kasar atau intonasi tinggi dalam mendidik Salman dan Salwa…hebaat!!luar biasa!!!

saya dikasih tips dan trik doong Bu Bram, gimana cara mendidik anak, biar anak saya besok (besok kalau sudah ada) bisa seperti Salman dan Salwa???

sedikit banyak pergaulan saya dengan keluarga Pak Bram, memberikan segaris warna dalam diri saya..yang mengubah cara pandang saya tentang anak2…saya tidak bisa menjelaskan kenapa, tetapi saya merasa lebih HIDUP dengan berinteraksi dengan anak2 tersebuut….ada bagian dalam hidup saya, yang saya rasa dulu telah hilang, kini terisi kembali berkat anak2 ituu….

terima kasih Salman dan Salwa…terima kasih juga Bu Bram atas masakannya yang UENAAAAAK!!

Leave a Reply

June 2010
M T W T F S S
« May   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  
