kehidupan di lab – rekruitmen anggota lab baru

semenjak bulan april 2010, saya terdaftar sebagai  anggota lab di Aoyama Hideki laboratory, di Universitas Keio. fokus riset di lab ini adalah pemrograman untuk simulasi machining, cad/cam, aesthetic design dan product design. hampir semua mahasiswa yang masuk ke lab nya Aoyama sensei mengerjakan pemrograman. banyak dari mahasiswa yang masuk ke lab ini pada awalnya tidak mempunyai kemampuan programming. namun, pada akhirnya mereka bisa membuat program simulasi di akhir masa studinya.

mahasiswa yang ada di lab ini terdiri dari mahasiswa S1 tahun ke 4, mahasiswa master (S2) tahun pertama dan ke 2, serta mahasiswa doktor (S3). kebetulan tidak ada post doc maupun research assistand di lab ini. oiya sebelumnya perlu saya sampaikan, bahwa kebanyakan mahasiswa S1 di universitas saya (saya kurang tahu untuk universitas lain di Jepang) menghabiskan tahun pertama hingga ke tiganya untuk belajar mata kuliah, ambil SKS menghabiskan kredit yang harus ditempuh. dan pada akhir tahun ke tiga, mereka baru memutuskan mau melakukan riset tentang apa.

Tentang rekruitmen anggota lab:

di keio university, terutama fakultas science dan technologi, menjelang akhir fall semester, diadakan presentasi tentang lab-lab yang ada. presentasi ini ditujukan untuk semua mahasiswa S1 tahun ke 3. di lab saya, setiap menjelang akhir semester musim dingin, kami mempersiapkan materi yang akan disampaikan pada sesi presentasi tersebut. biasanya sensei lah yang akan mempresentasikan labnya. kemudian diikuti oleh seorang perwakilan dari lab kami. perwakilan tersebut akan menyampaikan topik riset apa saja yang sekarang sedang dilakukan oleh mahasiswa2 di lab aoyama. tentu saja sebelum sesi presentasi tersebut dimulai, setiap orang dari lab menyetor file power point ke perwakilan lab kami tersebut.

kebanyakan mahasiswa S1 adalah orang jepang, dan oleh karena itu, presentasi dilakukan dalam bahasa jepang. dan tentu saja file presentasi dalam bahasa jepang. bagi orang asing seperti saya yang tidak bisa membaca dan menulis kanji, tentu hal ini sangat sulit bagi saya. tapi saya tidak perlu kuatir, karena saya hanya perlu submit file dalam bahasa inggris, selebihnya mereka yang akan men-translate dalam bahasa jepang.

setelah sesi presentasi tersebut berakhir, biasanya para mahasiswa tahun ke 3 akan mendatangi lab-lab yang mereka sukai. mereka bisa menanyakan kepada mahasiswa yang sudah menjadi anggota lab, tentang kehidupan di lab seperti apa (seberapa sering frekuensi meeting), aktivitas lab (drinking party/nomikai, summer camp, BBQ, hanami, dll) dan lain lain. ooh tentu saja bukan hanya topik riset yang sesuai yang menentukan kelancaran study, tetapi juga lingkungan lab pasti menentukan mood enggaknya kita melakukan riset ke lab 🙂  dari sini biasanya udah ketahuan siapa yang tertarik mau masuk ke lab ini.

pada tahan ini biasanya, mereka sudah punya pilihan mau pergi ke lab mana. kadang2 banyak yang tertarik untuk masuk ke suatu lab, akan tetapi karena terbatasnya kuota, akhirnya lab melakukan seleksi terhadap calon anggota baru. tapi seleksinya bukan yang ngeri gitu siih, malah bisa dibilang santai..soalnya seleksinya ini, kalau di lab yang saya tempati, dilakukan oleh para senior/senpai (mahasiswa master tahun ke 2 dan pertama)..tentu aja para senpai pengen kouhai/junior yang memiliki passion sama dengan senpainya, kalau dilab saya dalam bidang olahraga..karena sensei saya dan anak2 S2 ada seneng main baseball sih 🙂 dan seleksinya cuma berupa interview

di lab aoyama, kuota yang ada biasanya 6 atau 7 calon anggota lab baru. tapi biasanya yang berminat bisa lebih dari itu. sebelum seleksi dimulai biasanya anak lab pada sibuk nyiapin minuman (bir, teh, soda, jus) dan cemilan untuk menyambut calon anggota lab baru. pertanyaan yang diajukan selama interview pun bukan yang susah banget, simpel2 aja, diantaranya tentang hobinya apa, sudah punya pacar belum, olah raga kesukaan apa, suka minum (bir) enggak? enggak jarang klu selama interview ini diiringi gelak tawa para senpai, meski suasana interview ini santai, tp tetep dipantau oleh sensei

diakhir sesi seleksi interview ini, diumumkan siapa aja mahasiswa tahun ke 3 yang diterima sebagai anggota lab baru dan diikuti dengan kanpai (atau toss gelas) bersama antara lab member dengan shin member (anggota baru), lalu diikuti acara santai, ngobrol bebas sambil minum dan makan cemilan. sensei tentu aja ga ikut acara ini, biasanya nanti beliau join kanpai di nomikai awal tahun penyambutan anggota baru. kalau saya, tentu ikutan minum, tpi tentu aja bukan bir dong, saya bisa minum ocha, jus atau minuman soda yg disediakan. itu td baru acara ga resmi penyambutan member baru lab

seperti yg sudah saya sampaikan diatas, menjelang tahun ajaran baru di musim semi, diadakan pesta lagi (nomikai). pesta ini dimaksutkan untuk melepas anggota lab yg baru aja lulus dan menyambut anggota lab baru. biasanya para obi(alumni dari lab) juga pada datang, jadi bisa mengenal siapa aja yg sudah-sedang ada di lab, sehingga hubungan dengan anggota lab bisa terus dijaga, hingga sampai lulus dan bekerja. di pesta ini biasanya anggota baru mendatangi anggota yang udah lama, secara personal memperkenalkan diri dan menuang sake/minuman beralkohol lainnya. ini memang tradisi diantara orang jepang. dengan demikian acara rekruitmen anggota baru lab berakhir, dan mereka dah resmi jadi anggota lab.

ok, demikian uraian singkat tentang rekruitmen anggota lab yang baru di lab aoyama. mungkin rekruitmen ini berbeda dengan lab2 yang lain, sangat mungkin terjadi.

nantikan tulisan saya yang lain seputar aktifitas di lab 😉

bai bai

 

Leave a comment

August 2013
M T W T F S S
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031