Kehidupan di lab – drinking party

ti aktifitas utamanya adalah minum. minum apa itu? kalau trara nomikai, tapi tentu saja saya enggak ikutan minum minuman beralkohol, saya biasanya pesen orange jus…hehehe🙂

seperti saya sebutkan diawal, acara utama drinking party adalah minum, diselingi dengan makan dan ngobrol. makanan yang disajikan tentu saja bukan makanan yang langsung kenyang (kandungan karbohidrat tinggi), tetapi lebih ke cemilan, macam edamame. eiits…tapi jangan salah lho, kadang2 sashimi, soba, yakiniku dan sushi juga dihidangkan, tergantung restoran dan menu yang disajikan direstoran.

kapan?

di lab kami, drinking party biasanya dilakukan 2 atau 3 kali setahun, yaitu diawal semester untuk menyambut mahasiswa baru, di tengah2 tahun/menjelang liburan musim panas, dan di akhir tahun/menjelang liburan akhir tahun di musim dingin.

dilab kami nomikai biasanya dipilihkan sore hari saat mendekati hari libur, seperti minggu (maklum, lab kami kan tetep masuk kalau hair sabtu, soalnya ada rinko. Apa Dan ngapain aja saat rinko,simak do tulisan says yang lain ya😉 ) atau hari libur nasional jepang. Sekali penyelenggaraan nomikai dilakukan dalam dua ronde di tempat yang berbeda.
Nomikai ronde pertama biasanya dimulai dari jam 7 malam sampai jam 8.30 malam. Says biasanya cuma ikut ronde pertama ini. Soalnya masih sore dan umumnya minumnya masih terkontrol (apa karna ada saya yg ga minum alkohol ya??) Jadi rata2 temen2 saya maupun para kouhai (junior) belum pada mabuk. Biasanya acara dibuka dengan pidato pendek sensei lalu diikuti dengan kanpai (tos gelas) lalu minum. Dimoment ini biasanya dilakukan pendekatan2 personal, misal student mendekati sensei (mungkin Biar gampang risetnya barangkali?), atau kouhai mendekati senpai (senior) -(INI wajib nih, emang mau dijitak?? He he he), atau senior yg hampir lulus mendekati obi (alumni lab)-(penting nih buat ngemulusin cari kerja). Kenapa pendekatan dilakukan saat nomikai, karena saat nomikai ini rata2 sifat asli orang jepang muncul, jadi mereka akan berusaha ‘menyenangkan’ orang yang dimaksud. cara pendekatannya adalah dengan mendekati orang ybs lalu menuangkan sake atau minuman alkohol lalu mulai ngobrol. Tidal selamanya pendekatan ini berjalan mulus. Pernah ada cerita seorang mahasiswa jepang yang progress risetnya lelet. Saat uchiawase/report meeting dia kena tegur pedas Dari sensei. Jadi, dikesempatan nomikai ITU dia pengen ‘ngedeketi’ sensei biar klu pas uchiawase ga ditegur lg. Ternyata respon sensei berbeda dr yg dia harapkan, acara nomikai yg harusnya enjoyable jd rada tension bust dia😦
Kadang2 acara nomikai ini buat ngerjain kouhai. Maklum kouhai rata2 masih cupu, malu2 trus ada jg yg ga suka minum. Dan mereka biasanya ‘hai hai’ aja APA yg dkata senpai, maksutnya nurut aja. JD, mereka disuruh minum sama senpai. Ada beberapa yg seneng, tp ada jg yg kabur >_<
Diakhir ronde pertama ada yg matanya udah merah, sambil menunduk atau megangin kepala karena mabuk. Setelah ronde pertama says biasanya langsung pulang, ga ikut yg ronde dua.
Ronde dua dimulai Dari jam 9 malam (sampai jam berapa saya ga tau karna ga pernah ikut). Sepertinya acaranya sama seperti ronde pertama, minum, cuma mungkin 'minum'nya jadi 'lebiiih'..saya ga tau jug a sih, tp dulu ada anak lab perempuan yg saking mabuknya bener2 ga bisa bangun, apalagi jalan. Jadi sampai harus digendong belakang sama anak lab yg laki2. Dan berhubung rumahnya jauh Dari kampus, maka akhirnya dia Dan beberapa anak lab yg lain tidur di lab 0_0

Iuran?
Kalau nomikai itu bayarnya berapa ya? iurannya tiap lab beda2, trust bayar ronde pertama Dan kedua pun beda. Dilab saya, saya ditarik sekitar 3000~4000yen buat ikut ronde pertama aja! Mahal kan, padahal saya cuma minum jus sama makan cemilan (halal) aja! Yg mahal itu buat beli minuman beralkoholnya.
East says hamil, says ga pernah ikut lag I acara nomikai, eman2 duitnya…dan belakangan baru saya ketahui kalau ada hadis yg melarang kita untuk tidak ikut berkumpul dalam majlis yg didalamnya diedarkan khomr, astaghfirullah, ampuni says ya Rab.

Buat temen2 Muslim yg akan/sedang bergabung dgn salah satu lab di jepang, mungkin bisa minta ijin dulu ke sensei kalau ga bisa ikut nomikai.

Semoga tulisan ini bias memberi manfaat.

Sampai jumpa lagi ditulisan saya yg lainnya🙂

Bai bai #wavewave

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

October 2013
M T W T F S S
« Aug    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
%d bloggers like this: