flea market in Bashamichi Station

postingan untuk tanggal 10 April 2010..saking pengen menikmati hari libur, sampai ga sempet nulis…hehehehe

Hari Sabtu tanggal 10 April kemaren Yoke Desk di JICA Center Yokohama mengadakan acara jalan2 ke Flea Market yang ada di dalam Station Bashamichi Yokohama…kami janjian jam 10.30 pagi didepan front desk. Akhirnya pagi itu saya bertemu dengan Manri-San, sang pengurus Yoke Desk, dan juga Nakazawa-San, yang juga pengurus Yoke Desk, tapi baru punya kesempatan untuk bertemu sekarang.

ternyata peserta yang akan ikut jalan2 ke flea market hari itu hanya aku dan beberapa teman dari Senegal. Beberapa diantaranya yang aku kenal namanya adalah Mr. Pape dan Mr. Nyah. Dari perkenalan singkatku dengan Pak Pape dan Pak Nyah, ternyata bapak-bapak dari Senegal ini adalah para pejabat pemerintahan lho dinegaranya..walaupun aku kurang jelas dibagian apa. Mereka ada di jepang karena ada training government management…

jadi, akhirnya kami berangkat ke flea market didalam station bashamichi. Disana sudah banyak para penjual yang ikut serta dalam flea market di Bashamichi station. Barang2 yang dijual juga bervariasi. Ada kaos, kemeja, rok2 lucu, rok2 panjang juga ada, tas2 lucu, tas2 kantor, tas koper, sandal untuk santai, sepatu sneaker, sepatu musim dingin, jas, jaket musim dingin, jaket musim panas, assessoris (gelas, cincin, kalung dari perak, manik2), sampai2 ada yang jual stik golf maupun pot2 kecil berisi tanaman2 bung. Ada juga yang menjual komik, DVD shincan sama robot Gundam…hehehe..memang flea market disini menjual berbagai barang untuk berbagai segmen…oiya, hampir lupa, ada satu yang unik, ada yang jual tas jepang, dompet jepang, kimono jepang dan asesoris kimono lengkap!!

penjual2 yang berpartisipasi disini kebanyakan berdomisili dari Yokohama, tapi tidak menutup juga dari daerah lain. karena station Bashamici menghubungkan jalur transportasi kereta api dari Motomachi-Chugai ke Yokohama dan shibuya.jadi tidak mengherankan kalau banyak yang berpartisipasi.

saya sempet terkagum2 nih melihat barang2 yang dijual..walaupun namanya flea market (atau sering dibaca sebagai pasar bekas) tapi barang2 yang dijual masih bagus, layak pakai dan masih lengkap (ga ada knacing yang hilang atau resleting yang macet..hehehe). disini memang flea market sepertinya menjadi hal yang wajar, apalagi karena disini ada 4 musim…jadi setiap musim penduduk jepang akan berganti fashion..mungkin agar tidak memenuhi lemari pakaian mereka ya..jadi ya dijual di flea market.

jadi setelah saya berputar2 melihat2 seluruh penjual saya akhirnya memutuskan untuk membeli sebuah coat musim semi, 2 buah jaket musim panas dan sebuah sandal trepes, alias tidak berhak..lumayan juga, saya menghabiskan 2300yen untuk barang2 yang saya beli itu…mungkin sebagian orang masih menganggap `masa beli di flea market masih semahal itu??`..tapi saya anggap ini masih murah, dibandingkan sepatu yang juga saya untuk entrance ceremony beberapa hari sebelumnya di pusat perbelanjaan Tokyu, seharga 5250 yen (itu sudah termasuk diskon…mahal sekali kan…)…

setelah saya selesai belanja, lalu saya berputar2 melihat2 manri-san dan nakazawa-san sedang menimbang2 untuk membeli sebuah kimono. disisi lain, saya malah melihat segerombolan temen2 dari Senegal sedang memborong tas koper…waah..luar biasa mereka bisa menawar sampai 100yen…HEBAT!!

luar biasa sekali…mereka bahkan rela menunggu sampai hari agak siang agar harga semakin miring..karena kalau semakin siang, penjual juga akan segera pulang kerumah. dan karena ingin pulang, mereka biasanya mengobral barang2 jualannya yang belum laku, sehingga mereka bisa pulang tanpa membawa banyak barang lagi…TRIK YANG BAGUS!

tapi bagi saya, saya ingin membeli beberapa barang kebutuhan saya yang lain di toko DAISO 100yen..alias toko serba 100yen (kalau di indonesia, mungkin seperti toko serba 5000rupiah) yang ada di Sakuragi-Cho, jadi saya putuskan untuk berpamitan dengan rombongan yang masih ingin `borong` di Bashamichi flea market dan beberapa orang yang ingin borong barang2 elektronik di Akihabara.

ternyata saya tidak sendiri. saya ditemani manri-san, nakazawa san dan seorang Senegal..waduh saya lupa tidak tanya namanya…dalam perjalanan pulang kami, kami melewati taman bunga sakura, jadi manri-san dan nakzaawa-san mengambil gambar untuk kami di sekitar bunga sakura.

begitulah..sekelumit petualangan dan reportase di flea merket bashamichi station

Leave a Reply

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
