reportase: senkei-en garden “the chery blossom party” (update)

alhamdulillah..hari ini cuaca ceraaah, dan angin tidak bertiup sekencang kemareen….it’s just a perfect weather to enjoy chery blossom..yokatta ne!!

tadi pagi jam 10.30 kami (saya, ruby-temen perempuan vietnam, kim-teman laki2 kamoboja, viset-teman laki2 kamboja, timur-teman laki2 kirgistan, sato-san_JICA staff, dan manri-san_JICE staff) berangkat jalan kaki menuju ke sakuragi-cho station. dari sana kami kemudian naik bis nomer 58 menuju ke honkumo. perjalanan ini kira2 menempuh waktu lebih kurang 45 menit, karena bis nya sering berhenti di halte2 yang dilalui nya untuk mengangkut penumpak…hal ini bisa dimaklumi karena tingginya animo penduduk jepang yang ingin menyaksikan chery blossom di sankei-en garden…

setelah sampai di halte honkumo, kemudia kami berjalan kaki menuju ke sankei-en garden..luar biasa!! ternyata di tengah2 kota se-metropolotan yokohama, masih ada taman yang begitu besaaar dan indaaah…sugooi desune!! jarak dari halte bus honkumo menuju ke sankei-en garden lebih kurang 200 meter…lumayan juga kaan…tapi karena disepanjang jalan menuju ke sankei-en garden ditumbuhi pohon sakura..saya bisa menikmati perjalanan ke sankei-en garden…indaah sekalii…

dalam perjalanan tersebut, sato-san memberi tahu saya, bahwa sebagian orang jepang menggunakan lembaran bunga sakura (chery’s petal) dalam makanan dan minuman mereka…aroma sakura yang wakgi membuat acara minum teh menjadi lebih menyenangkan..begitu kata sato-san. dan lagi kadang2 orang jepang membuat semacam manisan dari petal bunga sakura….

akhirnya kami sampai juga di sankei-en gardeen…tempatnya sungguh luar biasa…taman yang amat sangat bagus untuk menikmati bunga sakura yang sedang mekar!! pada awalnya, saya dan ruby mau mengambil gambar pemandangan di sankei-en garden, tetapi oleh sato-san diarahkan agar ngambil foto nya nanti aja, soalnya ternyata kita sudah ditunggu oleh rombongan yang lain yang ternyata sudah terlebih dulu sampai di sankei-en garden ini, rombongan MADOKA…jadi kami langsung on the spot…

ternyata disana ibu2 dari MADOKA sudah menggelar tikar dan menyiapkan berbagai makanan, snack dan minumaaan..hmm…yummy…akhirnya setelah saya memilih PPW (posisi pualing weeenaaak)…saya pun duduk manis dengan diapit olah 2 orang ibu2 jepang..pendiri MADOKA ini…ternyata mereka sangat pengertian kalau saya, muslim, tidak boleh makan babi..jadi saya langsung dipilihkan makanan yang “bebas babi” : telur gulur, selad kentang, sushi ikan dan udang, onigiri jumbo dan sawi rebus..

ternyata selain ibu2 dari MADOKA ada juga orang2 china dan keluarganya yang turut datang ke acara chery blossom party kami…beberapa diantara mereka telah menetap di jepang lebih kurang 7 tahun dan membawa keluarga mereka ke jepang…anaknya imuut-imuut dan lucu…kikikiki

sebelum acara santap makan dimulai, diawali dengan perkenalan peserta chery blossom party yang hadir…karena sebagian besar yang datang adalah ibu2 MADOKA, maka perkenalan dilakukan dengan menggunakan nihongo..tp klu belum bisa, pake bahasa enggris juga gapapa…setelah kenalan, lalu kami menyanyikan lagu “SAKURA” dengan diiringi harmonika yang dimainkan oleh sato-san…lagunya sangat bagus….liriksnya dapat dilihat dibawah:

sakura sakura
yayoi no sora wa
mi-watasu kagiri
kasumi ka kumo ka
nioi zo izuru
iza ya iza ya
mi ni yukan

setelah menyanyikan lagu “sakura”..kami diminta menyanyikan lagu dari daerah kami masing2…waduuuh yang ini bener2 bikin deg2an..abis ga da persiapan sih sebelumnya….mana yang nyantol di kepala saya cuma lagunya “Jenag Gulo”…ya sudah, tidak ada pilihan laen…akhirnya saya menyanyikan “Jenang Gulo”…walopun secara jujur, karena tidak ada persiapan jadi banyak lirik yang saya lupa dan akhirnya saya karang2 sendiri…hehehehe😀

ternyata setelah saya menyanyikan lagu “Jenang Gula” ada ibu2 jepang yang bilang begini:

“kamu orang Indonesia kan? Itu Bengawan Solo itu nama apa ya?”

saya jawab “iya bu, saya dari Indonesia, Bengawan Solo itu nama Sungai bu di Jawa Tengah”. trus ibu bilang lagi “aku suka banget lho lagu Bengawan Solo, tolong kamu nyanyikan bengawan solo ya..”….dan ternyata usul si ibu itu didukung oleh para ibu2 yang laaain…waaa….ternyata saya ditanggap nihhh…

karena saya tidak mau mengecewakan ibu2 tersebut dan saya pikir “waah..saya jadi duta wisata nih dijepang”, akhirnya saya berdiri menyanyikan lagi “Bengawan Solo” ..walaupun saya pun juga lupa beberapa bait…tapi kali ini saya tidak berani mengarangnya…karena ibu2 ini sangat nge-fans dengan lagu ini, sudah pasti merek akan tau kalau saya mengarangnya..jadi yang skip aja bangian yang saya lupa..hehe

dibawah ini adalah video lagu “bengawan Solo” yang dibawakan dengan sangat bagus (tidak seperti yang saya bawakan tadi siang….hehehe):

saya sangat saluut dan bangga dengan pak Gesang atas perhatiannya kepada Bengawan Solo sehingga menciptakan lagu “Bengawan Solo” yang sangat menduni dan digandrungi orang2 di Jepang…bravoo Pak Gesang!!!

setelah acara menyanyi selesai..kemudian dilanjutkan dengan acara makan2 dan sosialisasi dengan ibu2..yaaay..horeeey…ternyata sebagian besar ibu2 jepang ini sudah sangat mengenal bangsa Indonesia, walaupun mereka belum pernah datang ke Indonesia…perhatian mereka begitu besar, apalagi ketika berbicara tentang Gempa Jogja..karena waktu itu saya menyebutkan kalau saya berasal dari Jogja…

“Nihon jin to hontouni arigatou gozaimasu to omoimasu.”

setelah acara makan2 dan sosialisi selesai, kemudian dilanjutkan dengan Tour d’ Sankei-en Gerden…horeee….kami berfoto bersama2 sambil menjelajah tempat itu..sunguuh indaaah sekalii…memang agak sedikit kesulitan ketika mau berfoto bersama, soalnya banyak orang yang lalu lalang (atau kita yang menghadang jalan??? :D)..bisa dimaklumi banyak orang jepang yang datang ke sankei-en garden ini…

sankei-en garden ini sangat luas..ada beberapa bangunan di sini, diantaranya: kuil budha, ada bangunan seperti shrine shinto tapi sudah tidak digunakan lagi utnuk beribadah dan fungsinya lebih sebagai asesoris, lalu ada ruang tea-ceremony, museum, kolam, jembatan diatas kolam, dan taman pohin sakura…

ooh ya, diantara kerumunan banyak orang saya sempat melihat wanita2 jepang yang berpakaian kimono…cantiiik sekali..dan untungnya, saya sempat meminta tolong pada Manri-san agar saya dapat berfoto bersama dengan wanita jepang berbaju kimono tersebut….alhamdulillah….fotonya kereeen…

tapi sayang, belum dapat saya upload disini, karena saya ga punya kamera :(…jadi nanti nunggu ruby mencopy foto2nya ke flsah disc saya..

ok sekian dulu reportase perjalan saya menikmati chery blossom party di sankei-en garden🙂

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

dibawah ini adalah beberapa foto yang diambil dari staf di yoke desk:

Foto ini diambil saat kami turun dari bus di halte honkumo, dan mulai berjalan di sakura street menuju ke sankei-en garden. di foto ini berturut2 dari kiri ke kanan: Timur (pegawai pemerintah di Kirgistan, sedang meneruskan pendidikan S2 di Yokohama National University dibidang Management Policy dibawah sponsor IDB-kayanya-), saya, ruby (baru saja lulus dari De La Salle University, philipin. Dia berasal dari Vietnam dan saat ini sedang meneruskan pendidikan S3 di Tokyo Institute of Technology dibidang Chemical Engineering dibawah sponsor JICA), Kim (berasal dari Kamboja, sedang mahasiswa sandwich USM-Yokohama National University dibidang Clay Soil and Brick Engineering di bawah sponsor AUNSEED/net dan JICA), Sato-san (Salah satu staff Yoke desk-yang menyelenggarakan acara chery blossom parrty-), dan viseth (seorang pegawai pemerintah di Kamboja-barusan dia ngaku kalu dia adalah ketua jurusan Aquaculture- saat ini sedang meneruskan pendidikan S3 di Tokyo Universirty of Marine Science and Technology dibidang Aquaculture dibawah sponsor JICA).

viset ama kim lagi disuruh menyanyi “sakura..sakura”

yang ini –> aku lagi nyanyi “sakura..sakura”..

ruby lagi berpose

Timur lagi pose

yang ini: aku lagi disuruh nyanyi bengawan solo…lali2 sitik gapopo..sing penting nggaya..hehehe

foto bersama dengan MADOKA member di bawah pohon sakura

another picture with MADOKA member

foto dengan anak2 JICA

dideket sakura ungu…waaaa…karei desune..

Leave a Reply

April 2010
M T W T F S S
« Mar   May »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
